MENDELEY
Salam
sejahtera semua. Kali ini saya akan membahas tentang pengertian mendeley,
kegunaannya, serta cara menggunakan mendeley tersebut?
Apa itu
mendeley? Mendeley adalah program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier
untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian,mencari data penelitian, dan
bekerja sama secara daring. Mendeley menggabungkan Mendeley Desktop, perangkat
lunak manajemen referensi dan PDF, dengan Mendeley Android and iOS dan Mendeley
Web, jejaring sosial peneliti.
Pengguna
Mendeley perlu menyimpan semua data sitiran dasar di servernya. Pengguna
memiliki hak untuk menyimpan salinan dokumen di server Mendeley. Setelah
mendaftar, Mendeley menyediakan ruang penyimpanan gratis di web bagi pengguna
sebesar 2 GB. Seperti aplikasi lainnya, Mendeley juga mendukung plugin yang
bisa berkolaborasi dengan Microsoft Office sehingga akan mempermudah pembuatan
daftar referensi ketika selesai menulis tulisan ilmiah, tinggal satu kali klik
semua referensi telah tersusun sesuai dengan keinginan.
Berikut adalah langkah-langkah menggunakan mendeley:
1. Langkah pertama adalah register lalu sign up pada link berikut : www.mendeley.com
Tampilan pada saat ingin sig up keakun mendeley
2. Kemudian
unduh aplikasi Mendeley pada situs atau web tersebut dan install dilaptop maupun PC
3. Lakukan verifikasi
pendaftaran/registrasi melalui pesan yang dikirim melalui email yang digunakan untuk
registrasi tadi.
4. Mendeley siap bekerja untuk kita.
5. Mulai jalankan
aplikasi dengan membuat library dengan cara mengunduh artikel, jurnal dari
beberapa sumber seperti sciencedirect, springerlink, ebsco, bisa juga mencari
jurnal dengan menggunakan google scholar. Jika sudah terunduh, maka tampilan
akan seperti dibawah.
6. Jika
jurnal sudah didapat, untuk mengoneksikan Mendeley dengan Microsoft Word maka perlu dilakukan instalasi plugin Mendeley dengan cara klik menu Tools pada
aplikasi Mendeley, pilih Install MS Word Plugin.
7. Langkah
selanjutnya adalah membuat kutipan di tulisan kita pada Microsft Office Word, langkah yang dilakukan adalah dengan cara klik menu References pada Microsoft
Office Word, pilih Insert Citation.
8. Pilih
jurnal atau artikel yang akan dikutip dengan meng-klik artikel tersebut (cari
di library).
9. Setelah
semua selesai tinggal membuat daftar pustaka pada akhir penulisan dengan cara klik menu References, pilih Insert Bibliography maka secara otomatis akan
terbuat Daftar Pustaka. Tampilannya menjadi sebagai berikut.
Mungkin hanya itu saja beberapa langkah serta pengertian dari Mendeley yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Terima kasih :D
Comments
Post a Comment