MENDELEY

Salam sejahtera semua. Kali ini saya akan membahas tentang pengertian mendeley, kegunaannya, serta cara menggunakan mendeley tersebut?

Apa itu mendeley? Mendeley adalah program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian,mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring. Mendeley menggabungkan Mendeley Desktop, perangkat lunak manajemen referensi dan PDF, dengan Mendeley Android and iOS dan Mendeley Web, jejaring sosial peneliti.

Pengguna Mendeley perlu menyimpan semua data sitiran dasar di servernya. Pengguna memiliki hak untuk menyimpan salinan dokumen di server Mendeley. Setelah mendaftar, Mendeley menyediakan ruang penyimpanan gratis di web bagi pengguna sebesar 2 GB. Seperti aplikasi lainnya, Mendeley juga mendukung plugin yang bisa berkolaborasi dengan Microsoft Office sehingga akan mempermudah pembuatan daftar referensi ketika selesai menulis tulisan ilmiah, tinggal satu kali klik semua referensi telah tersusun sesuai dengan keinginan.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan mendeley:

1. Langkah pertama adalah register lalu sign up pada link berikut : www.mendeley.com


           Tampilan pada saat ingin sig up keakun mendeley

2.  Kemudian unduh aplikasi Mendeley pada situs atau web tersebut dan install dilaptop             maupun PC

3. Lakukan verifikasi pendaftaran/registrasi melalui pesan yang dikirim melalui email   yang  digunakan untuk registrasi tadi.

4.  Mendeley siap bekerja untuk kita.

5. Mulai jalankan aplikasi dengan membuat library dengan cara mengunduh artikel, jurnal dari beberapa sumber seperti sciencedirect, springerlink, ebsco, bisa juga mencari jurnal dengan menggunakan google scholar. Jika sudah terunduh, maka tampilan akan seperti dibawah.

6. Jika jurnal sudah didapat, untuk mengoneksikan Mendeley dengan Microsoft Word maka      perlu dilakukan instalasi plugin Mendeley dengan cara klik menu Tools pada aplikasi            Mendeley, pilih Install MS Word Plugin.
7. Langkah selanjutnya adalah membuat kutipan di tulisan kita pada Microsft Office Word,        langkah yang dilakukan adalah dengan cara klik menu References pada Microsoft Office      Word, pilih Insert Citation.
8. Pilih jurnal atau artikel yang akan dikutip dengan meng-klik artikel tersebut (cari di                library).
9. Setelah semua selesai tinggal membuat daftar pustaka pada akhir penulisan dengan            cara klik menu References, pilih Insert Bibliography maka secara otomatis akan terbuat        Daftar Pustaka. Tampilannya menjadi sebagai berikut.


Mungkin hanya itu saja beberapa langkah serta pengertian dari Mendeley yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Terima kasih :D


Comments

Popular Posts