Sistem Informasi
Secara Umum, Pengertian Sistem Informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen
pengambilan keputusan/kebijakan dan menjalankan operasional dari kombinasi
orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang terorganisasi. Atau
sistem informasi diartikan sebagai kombinasi dari teknologi informasi dan
aktivitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan
manajemen. Sedangkan dalam arti luas, sistem informasi diartikan sebagia sistem
informasi yang sering digunakan menurut kepada interaksi antara orang, proses,
algoritmik, data dan teknologi.
Secara terpisah, Pengertian Sistem adalah kumpulan orang
yang saling bekerja sama dengan ketentuan-ketentuan aturan yang sistematis dan
terstruktur untuk membentuk satu kesatuan melaksanakan suatu fungsi untuk
mencapai tujuan. Sistem memiliki beberapa karakteristik atau sifat yang terdiri
dari komponen sistem, batasan sistem, lingkungan luar sistem, penghubung
sistem, masukan sistem, keluaran sistem, pengolahan sistem dan sasaran sistem.
Sedangkan Pengertian Informasi adalah data yang diolah menjadi lebih
berguna dan berarti bagi penerimanya dan untuk mengurangi ketidakpastian dalam
proses pengambilan keputusan mengenai suatu keadaan.
Pengertian Sistem Informasi (SI) Menurut Para Ahli
· John
F. Nash : Pengertian sistem informasi
menurut John F. Nash adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat
teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan
komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu
manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan
keputusan yang tepat.
· Robert
A. Leitch : Menurut Robert A. Leitch,
pengertian sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang
mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi,
bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan
pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
· Henry
Lucas : Pengertian sistem informasi
menurut Henry Lucas adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang
diorganisasikan, apabila dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung
pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.
· Alter : Pengertian sistem informasi menurut Alter bahwa sistem informasi
adalah sebagai tipe khusus dari sistem
kerja dimana manusia dan/mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber
daya untuk memproduksi produk tertentu dan/jasa bagi pelanggan.
Fungsi Sistem Informasi
· Untuk
meningkatkan aksesiblitas data yang ada secara efektif dan efisien kepada
pengguna, tanpa dengan prantara sistem informasi.
· Memperbaiki
produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem
· Menjamin
tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi
secara kritis.
· Mengidentifikasi
kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi
· Mengantisipasi
dan memahami akan konsekuensi ekonomi
· Menetapkan
investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi
· Mengembangkan
proses perencanaan yang efektif
Komponen Sistem Informasi (SI)
Komponen-komponen dari sistem informasi adalah sebagai berikut :
1.
Komponen
input adalah data yang masuk ke dalam sistem informasi
2. Komponen
model adalah kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang memproses
data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk
menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3. Komponen
output adalah hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna
untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
4. Komponen
teknologi adalah alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam
menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan
dan mengirimkan output dan memantau pengendalian sistem.
5. Komponen
basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam
komputer dengan menggunakan software database.
6. Komponen
kontrol adalah komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.
Ciri-Ciri Sistem Informasi
a.
Baru,adalah
informasi yang didapat sama sekali baru dan segar bagi penerima
b. Tambahan,
adalah informasi dapat diperbaharui atau memberikan tambahan terhadap informasi
yang sebelumnya telah ada.
c. Kolektif,
adalah informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah
sebelumnya.
d.
Penegas,
adalah informasi yang dapat mempertegas informasi yang telah ada
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Sistem Informasi, Ciri,
Fungsi, Komponen & Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman
dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian sistem
informasi, pengertian sistem informasi menurut para ahli, komponen-komponen
sistem informasi, ciri-ciri sistem informasi, pengertian sistem informasi
menurut para ahli. Sekian dan terima kasih.
Sumber :
http://www.artikelsiana.com/2015/09/pengertian-sistem-informasi-ciri-fungsi.html
Sumber :
http://www.artikelsiana.com/2015/09/pengertian-sistem-informasi-ciri-fungsi.html


Comments
Post a Comment